HARI SUMPAH PEMUDA

Tanggal 28 oktober 1928 adalah dimana para pemuda Indonesia bangkit untuk negara nya sendiri, lahirlah Sumpah Pemuda, pada era tersebut para pemuda muncul kesadaran untuk bersatu: bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli.

Sebenarnya siapa sih pemuda itu?

Apakah pemuda adalah orang yang berumur 10-24 atau orang yang sudah kelihatan besar-besar, tidak bukan, pemuda itu adalah generasi penerus bangsa, kader bangsa, kader masyarakat, dan kader keluarga. Di tangan pemudalah nasib bangsa ini di tentukan. Jika pemuda memiliki semangat dan kemampuan untuk merealisasikan sumpah pemuda pastilah Indonesia menjadi negara termakmur di dunia ini.

Apa sih perbedaan pemuda jaman sekarang dengan yang dulu?

Bedanya dulu dengan sekarang, di sisi lain sangat miris dengan sebagian pemuda di Indonesia masa kini yang masih mengalami krisis identitas diri dan krisis kebangsaan. Hal ini di tandai dengan munculnya berbagai aksi maupun tindakan yang tidak terpuji seperti gaya hidup yang hedonis, alay, hingga bahkan sejumlah aksi anarkis di dalam pergaulan kehidupan pemuda Indonesia akhir-akhir ini. Seiring perkembangan zaman kini sebagian pemuda kita pun bersikap apatis ?terhadap bangsanya lebih cenderung cuek terhadap masalah bangsanya.

Pada era globalisasi sekarang ini seharusnya para pemuda memiliki semangat dan jiwa Sumpah Pemuda yang bisa menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Sebagai mahasiswa juga sangat berperan dan memiliki tugas yang penting dalam mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengambil peran dalam proses pembangunan untuk kemajuan bangsa kita di masa depan.